Minggu, 16 April 2023

Teks Eksplanasi tentang Hujan

Assalamualaikum Wr. Wb..
Nama               : Sista Berliana Savitri
NIM                 : 220151608837
Offering           : A5E
Topik               : Literasi Sains
Jenis Teks        : Teks Eksplanasi

Hujan

Hujan adalah salah satu siklus air di bumi yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Hujan merupakan fenomena alam yang terjadi karena uap air di atmosfer mengalami kondensasi dan berubah menjadi tetesan air yang jatuh ke permukaan bumi. Hujan tidak akan terjadi begitu saja tanpa proses. Air yang jatuh itu merupakan air yang berasal dari laut yang menguap, air sungai, danau, dan lain-lainnya. Hujan tersebut juga dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti suhu udara, tekanan atmosfer, dan kelembaban.

Proses terjadinya hujan dapat terjadi karena adanya bantuan dari sinar matahari yang memanaskan permukaan air, baik di sungai, danau, dan laut. Kemudian air tersebut menguap dan menjadi uap air yang terangkat ke atmosfer atau disebut evaporasi. Tidak berhenti pada proses tersebut saja. Uap air yang mengudara akan terus naik dan mengalami kondensasi. Kondensasi merupakan proses dimana ketika uap air naik ke atmosfer dan mengembun. Proses ini menyebabkan uap air berubah menjadi partikel es. Setelah itu, partikel-partikel tersebut akan mendekat dan membentuk awan. Awan terbentuk ketika tetesan air yang sangat kecil itu bergabung satu sama lain dan menjadi tetesan air yang lebih besar. Jika tetesan air dalam awan itu sudah cukup berat, maka gravitasi akan menariknya ke bawah membentuk hujan. Proses tersebut disebut dengan presipitasi.

Hujan sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan kehidupan makhluk hidup di bumi. Hujan memberikan air bagi makhluk hidup untuk hidup serta memperbaharui sumber daya air di bumi. Hujan juga dapat membantu mengurangi suhu dan membersihkan udara di bumi dari polusi dan debu akibat pencemaran udara. Namun, hujan juga dapat memberikan dampak yang buruk bagi kehidupan, seperti banjir, erosi, dan tanah longsor.

Dengan demikian, hujan adalah fenomena alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia juga makhluk hidup lainnya. Peristiwa dari turunnya hujan tersebut terbentuk karena adanya proses penguapan yang berasal dari sungai, danau, dan laut, yang kemudian menyatu dengan udara. Semakin banyak air yang terkumpul maka awan tersebut akan berwarna lebih gelap atau yang disebut mendung, dan apabila sudah terlalu berat, maka butiran air tersebut akan jatuh menjadi hujan. Namun, hujan juga dapat menimbulkan dampak yang buruk bagi lingkungan. Oleh karena itu, kita perlu mengelola dan menjaga lingkungan agar dapat menyerap hujan dengan baik serta meminimalisir dampak buruk yang ditimbulkan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Sista Template by Ipietoon Cute Blog Design